karyakukarya

Just another WordPress.com site

“Kemana Arah Reformasi PT. PLN (Persero) Dalam Meningkatkan Daya Saing Di Era Golbalisasi ???”

pada Desember 11, 2011

Jawaban kelompok VI

 

  1. Langkah-langkah strategis apa yang perlu dilakukan agar peran pemerintah semakin efektif dan efisien, yaitu :

 

a)      Memberikan kemandirian subsidi terhadap PT. PLN dan anak perusahaan PT. Indonesia Power.

b)      Mengubah pola tolak ukur yang bergantung pada mata uang dollar menjadi nilai jual emas.

c)      Menaikkan tarif dasar terhadap industry-industri yang sangat bergantung pada PT. PLN atau pengunaan listrik.

d)      Mengganti penggunaan bahan bakar mesin listrik menjadi bahan bakar yang bebas dari ikatan mata uang dollar, misalnya ; menjadi penggunaan dan pemanfaatan alam sebagai sumber pendaya yang tidak merugikan alam sekitar ( kincir angin, kincir air dan pemanfaatan daya petir ).

e)      Menggunakan pembangkit tenaga gas,tetapi dalam hal ini penyediaannya (supplier) dari PT. PLN dan anak perusahaan yaitu PT. Indonesia power tidak mempunyai badan usaha gas.

 

  1. Langkah-langkah yang dijadikan sebagai peluang usaha dalam bisnis kelistrikan Indonesia, yaitu :

 

a)      Melihat peluang dan usulan dari pihak pemerintah yang belum diterapkan dalam kelistrikan Indonesia serta menciptakan ide baru yang mengahasilkan karya yang ketergantungan terhadapan upaya perbaikan kinerja PT. PLN.

b)      Membuat badan usaha gas milik Indonesia yang tidak ada sangkut pautnya dengan hak milik perusahaan asing tetapi didalamnya terdapat kerjasama antara pihak asing.

c)      Membuka wawasan atas apa yang didasari oleh pihak kelistrikan Indonesia dengan menggantikan bahan baku sebagai pasokan untuk berlangsungnya kinerja PT. PLN.

 

  1. Peranan sebagai investor yang menjadi sinyal penting untuk dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dalam berinvestasi ialah memberikan saran investasi terhadap pola saat ini yang digunakan oleh PT. PLN dan kelistrikan Indonesia yang memakai bahan bakar sebagai pamasok pengganti daya kerja mesin beralih menjadikan alam sebagai daya guna kinerja selanjutnya dan mencoba mendirikan anak perusahaan baru yang bergerak di bidang badan usaha gas nasional yang berhak penuh didalam kepemilikannya dan mengikuti sertakan pemerintah dalam memperdaya gunakan program gas yang mungkin pihak pemerintah bisa membangun dan berinvestasi didalamnya, misalnya; mendirikan sekolah tertinggi badan usaha daya gas dan membangun pola kemandirian dan pola pendidikan terhadap nilai jual di nasional.

 

  1. Hal-hal yang diperlukan perubahan dan perbaikan agar dapat meraih keuntungan dan berkelanjutan dalam usaha kelistrikan di Indonesia, yaitu :

 

a)      Mengubah padangan terhadap daya guna bahan bakar menjadi subjektif di pola kinerja kelistrikan Indonesia.

b)      Mengubah pola tolak ukur yang bergantung pada mata uang dollar menjadi nilai jual emas.

c)      Memberikan dan memperbaiki pola kinerja yang selama ini diterapkan oleh PT.PLN dan semua anak perusahaannya.

d)      Menganalisis kemajuan dan mengikuti sertakan pengembangan-pengembangan yang telah direncanakan.

e)      Memberikan nilai tertinggi terhadap upaya kepedulian lingkungan.

 

  1. Upaya yang diperlukan untuk keberlangsungan (Sustainbility) dari Listrik sebagai sumber kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia di era Globalisasi yaitu dengan adanya visi dan misi yang diterapkan oleh PT. PLN dan semua anak perusahaannya terhadap kepedulian lingkungan yang kita tahu bahwa visi tersebut ialah “ Menjadi perusahaan publik dengan kinerja kelas dunia dan bersahabat dengan lingkungan, maka PT. Indonesia Power selalu berupaya untuk memperhatikan pelestarian liangkungan dalam setiap kegiatan usahanya” dan memperbaiki kualitas dan kuantitas kinerja perusahaan tersebut serta peningkatan kapasitas pembangkit combined cycle dan memodifikasi peralatan untuk peningkatan efesiensi pembangkit.

 

  1. Sinergi yang baik antara pemerintah, swasta, investor dan PT. PLN untuk melakukan reformasi dalam peningkatan daya saing di bidang listrik di Indonesia ialah diantara semuanya harus saling memberikan dukungan yang baik agar bisa terjalin komunikasi yang ideal serta saling meningkatkan daya guna atau manfaat disemua sisi kebutuhan yang dimiliki oleh masing-masing peran dan bagiannya, baik dalam hal penggunaan peralatan baru, pemakaian subsidi yang bermafaat dan disemua divisi memperbaiki kualitas dan kuantitas kinerjanya.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: